Motor Split
Phase
Motor Split Phase (resistance-start motor) adalah
motor induksi satu fasa yang memilki dua buah kumparan pada bagian statornya,
yaitu kumparan utama (main stator winding) dan kumparan bantu (auxilary
stator winding). Bila dibandingkan nilai resistansi dan reaktansi kumparan
utama dengan kumparan bantu pada motor split phase sebagai berikut :
- Kumparan utama mempunyai nilai resistansi yang kecil dan reaktansi yang besar;
- Kumparan bantu mempunyai nilai resistansi yang besar dan reaktansi yang kecil.
Untuk mendapatkan nilai resistansi yang besar pada
kumparan bantu dapat dilakukan dengan memasang tahanan seri atau dengan
menggunakan kumparan yang mempunyai tahanan tinggi.
Kumparan Stator
Motor Split Phase Dua Kecepatan
Untuk mengubah kecepatan motor split phase dapat
dilakukan dengan cara mengubah jumlah kutub, yang pada umumnya dilakukan untuk
putaran yang searah, yaitu dengan cara:
a. Menambah jumlah kumparan utama dengan kumparan bantu tetap;
b. Menggunakan dua kumparan utama dan dua kumparan bantu;
c. Menggunakan hubungan khusus, yaitu hubungan consequent-pole tanpa
menambah kumparan utama atau kumparan bantu.
Motor kapasitor
Motor kapasitor biasanya dioperasikan pada rating daya
antara 1/8 hp s.d 1 hp. Konstruksi motor kapasitor hampir sama dengan motor
split phase, perbedaannya hanya pada penambahan unit kapasitor yang dihubungkan
secara seri dengan kumparan utama atau kumparan bantu. Kapasitor biasanya
diletakan dibagian luar motor atau berada didalam rumah motor.
Tipe-tipe motor kapasitor adalah :
- Motor Kapasitor-Start, kapasitor ini digunakan selama periode start(pengasutan) motor;
- Motor Kapasitor-Run, kapasitor digunakan selama periode start dan run (jalan);
- Motor Kapasitor- Start Kapasitor- Run, dalam motor ini digunakan dua buah kapasitor, yaitu satu untuk start dan satu lagi untuk jalan(run).
Cara Menjalankan Motor Kapasitor
Selama periode start lilitan bantu dan lilitan utama
dihubungkan ke sumber tegangan dan posisi saklar sentrifugal tertutup. Kumparan
bantu dihubungkan secara seri dengan kapasitor dan sakelar sentrifugal. Setelah
putaran motor mencapai 75% dari kecepatan nominal saklar sentrifugal akan
membuka sehingga motor hanya bekerja dengan kumparan utama saja. Putaran medan
magnet harus dihasilkan didalam motor supaya timbul perbedaan fasa sebesar 90°
listrik antara kumparan utama dengan kumparan bantu.
Kapasitor digunakan untuk mengalirkan arus ke kumparan
bantu untuk mencapai harga maksimum sebelum arus dari kumparan utama mencapai
maksimum, jadi arus dari kumparan bantu akan mendahului arus dari kumparan
utama. Kondisi ini akan menghasilkan medan magnet putar didalam stator, yang
akan mengakibatkan rotor motor akan berputar.
Titid
BalasHapus